TANGGUNG JAWAB GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP DISIPLIN ANAK DI SD YPK SION MEUKISI
DOI:
https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i2.14Keywords:
Disiplin Siswa, Guru, Pendidikan agama Kristen, Pendekatan PastoralAbstract
Pembentukan disiplin siswa merupakan aspek fundamental dalam pendidikan karakter berbasis iman Kristen. Guru Pendidikan Agama Kristen memiliki tanggung jawab strategis dalam mengintegrasikan nilai-nilai Alkitab ke dalam praktik pembelajaran untuk membentuk disiplin anak sejak dini. Namun, tantangan seperti pengaruh lingkungan keluarga, budaya lokal, dan kemajuan teknologi sering menjadi hambatan dalam proses pembinaan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan riset pustaka dan observasi untuk menganalisis peran guru PAK dalam membentuk kedisiplinan siswa di SD YPK Sion Meukisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan, tantangan yang dihadapi, serta dampak pendekatan pastoral dalam menanamkan disiplin berbasis iman Kristen. Novelty penelitian ini terletak pada integrasi pendekatan pastoral dengan metode pembelajaran formal dalam membentuk kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis nilai-nilai Alkitab melalui pembiasaan doa, refleksi harian, dan keteladanan guru memberikan dampak positif terhadap perilaku siswa. Studi ini merekomendasikan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan gereja untuk memperkuat efektivitas pembentukan disiplin yang berkelanjutan.
Downloads
References
A., Doni Koesoema. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Benyamin, Priskila Issak, Ibnu Salman, Frans Pantan, Wiryohadi Wiryohadi, and Yogi Mahendra. “Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 52–59.
Connaway, Lynn Silipigni, and Marie L. Radford. Research Methods in Library and Information Science. USA: BLOOMSBURY, 2021.
Gulo, Rezeki Putra. “Kecerdasan Buatan Sebagai Asisten Guru Dalam Pendidikan Kristen: Etika, Peluang, Dan Batasan.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 6, no. 1 (2025): 18–32.
Haan, Ester Berlian, and Yonatan Alex Arifianto. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa Kini.” Shalom: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2022): 15–26.
Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Penddidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Pastoral Dalam Pendampingan Pacaran Di Kalangan Remaja.” Jurnal Dinamika Pendidikan 16, no. 2 (2023): 201–209.
Kelelufna, Jusuf Haries. “Tidak Patut Mendidik Menurut Jalan Yang Patut: Studi Eksegesis Amsal 22:6.” Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 1 (2020): 18–36.
Legi, Hendrik. Moral, Karakter, Dan Disiplin Dalam Pendidikan Agama Kristen. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2022.
Marbun, Nurmiati. “Pembimbingan Guru Kristen Untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Digital.” KERUGMA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 107–118.
Nome, Nehemia, Sozanolo Zamasi, Sorimuda Sarumpaet, and Linda Zenita Simanjuntak. “Edukasi Dan Upaya Konseling Kristen Bagi Remaja.” Journal on Education 5, no. 3 (2023): 9529–9544.
Padakari, Seprianus L., and Frengki Korwa. “Spiritualitas Kontekstual: Model Pendidikan Iman Kristen Dalam Menjawab Tantangan Generasi Z.” Imitatio Christo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 16–29.
Pantan, Frans, and Eli Sabet Kristin Natalia. “Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Usia 7-12 Tahun Terhadap Perilaku Disiplin Anak Di Sekolah Minggu.” Edukasi : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2019): 1–20.
Rangga, Oktavianus, Dyulius Thomas Bilo, and Dewi Yuliana. “Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen : Memperbaharui Pikiran Untuk Meningkatkan Spiritualitas Di Roma 12 : 2.” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 127–140.
Santoso, Joko, and Sukirdi. “Peran Keteladanan Pemimpin Dalam Keluarga Berdasarkan Efesus 5: 21-6:4.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no. 2 (2021): 73–88.
Sianipar, Desi, ed. Inovasi Pendidikan Agama Kristen Di Era Artificial Intelligence. Bandung: CV Widina Media Utama, 2024.
Sianturi, Haraitoni D., Elsy Hartati, Lieser R.Marampa, and Eddy Simanjuntak. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Pada Anak Hiperaktif.” Matheteuo 4, no. 2 (2024): 12–21.
Sinukaban, Difa Glery, and Neneng Andriani. “Manajemen Kelas Sebagai Upaya Guru Pendidikan Kristen Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 6, no. 1 (2024): 14–22.
Siramba, Febriyanti. “Konseling Pastoral Oleh Guru PAK Sebagai Upaya Menanggulangi Hambatan Pertumbuhan Iman Siswa Di SMA Negeri 4 Manado.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 58.
Situmorang, Jonar T.H. Etika Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2021.
Tafonao, Talizaro, and Ezra Tari. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3:21.” Kurios: jurnal teologi dan pendidikan agama kristen 5, no. 1 (2019): 24–35.
Tampenawas, Alfons Renaldo, Erna Ngala, and Maria Taliwuna. “Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 214–231.
Tenouye, Deni. Profesionalisme Guru PAK Dalam Belajar Dan Mengajar Di Sekolah. Jawa Tengah: Amerta Media, 2021.
Wahyuni, Sri. Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2021.
Wahyuni, Sry. Peran Guru PAK Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jawa Tengah: IKAPI, 2021.
Wantoro, Jonathan, and Noviana Kole. “Membangun Disiplin Rohani Siswa Melalui Membaca Dan Menghafal Alkitab.” Inculco Journal of Christian Education 3, no. 2 (2023): 167–182.
Widjaja, Imron, Bobby Kurnia Putrawan, and Hengki Wijaya. “Manajemen Pendidikan Agama Kristen Melalui Pelayanan Penggembalaan Dalam Kelompok Sel.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 18, no. 2 (2020): 159–170.
Zahra, Arsyafa Arienda, and Achmad Fathoni. “Peran Guru Sebagai Pendidik Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (2024): 57–68.
Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 249–266.
Zega, Yanuar Ada, and Widya Septiana Zebua. “Transformasi Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Heuristik Bagi Generasi Z.” Imitatio Christo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 60–75.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Merry Oktofina Amamehi, Nelci Mbelanggedo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Imitatio Christo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here : https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.