PENDEKATAN HOLISTIK PADA KOMPETENSI GURU PAK: MENYEIMBANGKAN ASPEK TEOLOGIS, PEDAGOGIS, DAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i2.13Keywords:
Kompetensi Guru PAK, Pendekatan Holistik, Teologi, Pedagogi, SosialAbstract
Penelitian ini menganalisis pendekatan holistik dalam pengembangan kompetensi guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dengan menyeimbangkan aspek teologis, pedagogis, dan sosial. Ketimpangan dalam kompetensi guru PAK, di mana aspek teologis lebih dominan, menyebabkan pembelajaran cenderung dogmatis dan kurang kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Library Research, mengkaji berbagai literatur akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ketiga aspek tersebut meningkatkan relevansi pembelajaran, memperkuat keterlibatan sosial guru, serta mendorong inovasi pedagogis. Kesimpulannya, keseimbangan antara kompetensi teologis, pedagogis, dan sosial sangat penting dalam profesionalisme guru PAK. Oleh karena itu, diperlukan reformulasi kurikulum dan program pelatihan yang lebih integratif agar guru PAK dapat membimbing peserta didik secara efektif dalam menghadapi tantangan kehidupan modern.
Downloads
References
Andrianti, Sarah. “Pendidikan Kristen: Keseimbangan Antara Intelektualitas Dan Spiritualitas.” ANTUSIAS Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 2 (2012): 1–32.
Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Astuti, Tri Endah, Paulus Kunto Baskoro, Sri Wahyuni, Sahara, Epafras Mujono, Arman Susilo, Daniel Lindung Adiatma, Junio Richson Sirait, Tandius Kogoya, and Hasanema Wau. Pendidikan Kristen Di Era Society 5.0. Yogyakarta: Lumina Media, 2023.
Bryan, Hazel, and L. Revell. “Performativity, Faith and Professional Identity: Student Religious Education Teachers and The Ambiguities of Objectivity.” British Journal of Educational Studies 59, no. 4 (2011): 403–419.
Dayu, Dian Permatasari Kusuma, Rissa Prima Kurniawati, and Vivi Rulviana. Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Jawa Timur: CV. AE MEDIA GRAFIKA, 2022.
DeLuca, Christopher, Jill Willis, Khandu Dorji, and Ann L. Sherman. “Cultivating Reflective Teachers: Challenging Power and Promoting Pedagogy of Self-Assessment in Australian, Bhutanese, and Canadian Teacher Education Programs.” Power and Education 15, no. 1 (2024): 5–22.
Dorlan Naibaho, and Rani Apriana Purba. “Peningkatan Keterampilan Interaksi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 3, no. 3 (2022): 92–98.
Gulo, Atirina, Andianus Lawolo, and Ela Meronisa R. Tatubeket. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengajar Dan Membentuk Karakter Siswa.” REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2024): 149–160.
Gulo, Rezeki Putra, Erwin Zai, and Agusmawarni Harefa. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk: Mencerminkan Hidup Humanis Di Tengah-Tengah Pluralisme.” ELEOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2023): 81–90.
Guthrie, Donald. “Integral Engagement: Christian Constructivism and the Social Sciences.” Christian Education Journal: Research on Educational Ministry 16, no. 3 (2019): 445–457.
Harefa, Zakharia Victor, Talizaro Tafonao, Desetina Harefa, Rini Sumanti Sapalakkai, and Selvyen Sophia. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dan Katalisator Melalui Teori Konstruktivisme Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Kristen.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4, no. 2 (2022): 211–228.
Heluka, Elly, and Nelci Mbelanggedo. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0: Mengembangkan Literasi Digital Berbasis Nilai-Nilai Kristiani Bagi Peserta Didik.” Imitatio Christo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 76–92.
Husain, Hernawati, Lena Anjarsari Sembiring, and Simon Simon. “Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru Pada Pendidikan Kristiani Masa Kini.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021): 183–195.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013.” urnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 (2019): 18–30.
Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2016): 28-40.
Khilmiyah, Akif. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Samudra Biru, 2016.
Komariah, Siti, Wilodati, and Sri Wahyuni. Merdeka Belajar: Konstruksi Pedagogi Kritis Dalam Kurikulum Merdeka. Malang: Unisma Press, 2024.
Kosasih, E. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Kristianto, Paulus Eko. “Persinggungan Agama Dan Politik Dalam Teror: Menuju Terbentuknya Teologi Spiritualitas Politik Dalam Konteks Maraknya Terorisme Di Indonesia.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2018): 1–23.
Kuanine, Melyarmes H., Gusti Y. Sette, Rianto J. A Metboki, and Levi A. Lefta. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondusif.” Discreet: Journal Didache of Christian Education 2, no. 2 (2022): 86–101.
Musfah, Jejen. Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana, 2012.
Pazmiño, Robert W. God Our Teacher Theological Basics in Christian Education. London: Wipf & Stock Publishers, 2016.
Pinontoan, Denni H.R., ed. Festival Kuncikan Dalam Diskursus Kristen Kultural Minahasa: Perspektif Sosiologi, Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen. Sulawesi Utara: Pusat Kajian Kebudayaan Indonesia Timur, 2024.
Rangga, Herkulanus, Reni Triposa, and Marfy Simatauw. “Professional Guru PAK Dalam Perspektif Etis Teologis Kekristenan.” ICHTUS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022).
Rangga, Oktavianus, Dyulius Thomas Bilo, and Dewi Yuliana. “Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Memperbaharui Pikiran Untuk Meningkatkan Spiritualitas Di Roma 12: 2” 5, no. June (2024): 127–140.
Romika, Samuel Siringo Ringo, Ruth Marietta Sianturi, Jacob Messakh, Kinayati Djojosuroto, Maniar Arnida Samosi, Juandi Sakaro, Situmorang, Remegises Danial Yohanis Pandie, and Dedy Kurniawan. Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital. Bandung: Penerbit Widina Media Utama, 2025.
Sagala, Lenda Dabora J.F. “Tugas Pedagogis Gembala Dalam Menyiapkan Warga Gereja Menghadapi Perubahan Sosial.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 2 (2020): 167–174.
Santo, Fransiskus Emanuel de, Manfred Habur, and Fransiska Widyawati. Beriman Tangguh Dan Solider Katekese Membina Murid-Murid Misioner. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius, 2023.
Siahaan, Jonatan Fernando, Malani Simanungkalit, Tiurma Berasa, Lustani Samosir, and Risden Anakampun. “Pengaruh Kompetensi Pedagodik Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2023/2024.” Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 2, no. 2 (2024): 146–157.
Sihombing, Dionisius, Syawal Gultom, and Benyamin Situmorang. Manajemen Sekolah Berbasis Budaya Lokal: Strategi Meningkatkan Peran & Partisipasi Aktif Stakeholder Mewujudkan Sekolah Bermutu. Yogyakarta: Deepublish, 2022.
Simanjuntak, Junihot M. Desain Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen: Implementasi Desain Dan Pengembangan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Dalam Pelayanan Pendewasaan Umat Di Sekolah Dan Gereja. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2023.
Sirait, Rajiman Andrianus. “Strategi PAK Ditinjau Dari Sudut Pandang Sosiologi Pendidikan.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik 2, no. 1 (2024): 71–82.
Situmorang, Jonar T. H. Etika Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2024.
Smetaniak, Mariia. “Features of Studying Classical Greek and Latin in the Process of Teaching Theology.” Scientia et societus 3, no. 1 (2024): 31–38.
Sumarno, Yuel, and Josia Pantja Paruntung. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 2 (2019): 27–39.
Tarumingi, Denny Adri. Denny Adri. Mengasihi Dalam Perubahan Pendidikan Agama Kristen Di Tengah Perubahan Zaman. Tomohon, Sulawasi Utara: Gema Edukasi Mandiri, 2024.
Tefbana, Abraham. “Peran Orangtua Mendidik Spiritual Anak Di Era Revolusi Industri 4.0 Berdasarkan Ulangan 6:4-9 (Tinjauan Teologis Dan Pedagogis Dalam Pendidikan Agama Kristen).” Luxnos 7, no. 1 (2021): 4–9.
Tenouye, Deni. Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Belajar Dan Mengajar Di Sekolah. Jawa Tengah: AMERTA MEDIA, 2021.
Windarti, Maria Titik. Buku Ajar Kode Etik Profesionalisme Guru. Bandung: Feniks Muda Sejahtera, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kornelia Bouway, Nelcy Mbelanggedo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.