PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA SOCIETY 5.0: MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL BERBASIS NILAI-NILAI KRISTIANI BAGI PESERTA DIDIK
Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Society 5.0, Teknologi, Literasi DigitalAbstract
Era society 5.0 telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, menuntut integrasi literasi digital yang sejalan dengan nilai-nilai kristiani dalam Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini berfokus pada masalah bagaimana Pendidikan Agama Kristen dapat mengembangkan literasi digital berbasis nilai-nilai kristiani yang relevan bagi peserta didik. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, studi ini mengeksplorasi sumber-sumber literatur terkait integrasi teknologi dalam Pendidikan Agama Kristen. Tujuan riset ini adalah untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam membangun literasi digital yang tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis, tetapi memperkuat karakter kristiani. Kebaruan penelitian terletak pada penggabungan teknologi dengan nilai-nilai kristiani secara holistik di era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berbasis nilai-nilai kristiani melalui Pendidikan Agama Kristen dapat diperkuat dengan pengembangan materi dan strategi pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan tantangan digital masa kini.
References
Apriyanti, R.S, Djoys Anneke Rantung, and Lamhot Naibaho. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran PAK Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Journal of Educational 6, no. 1 (2023): 07–13.
Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.
Bagenda, Evanirosa Christina, and et al. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2022.
Darti, Darti, Djoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho, and Noh Ibrahim Boiliu. “Pembelajaran Transformatif Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Digital.” Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 2 (2023): 133–146.
Dwikoryanto, Matius I Totok, Yudi Hendrilia, and Carolina Etnasari Anjaya. “Sekolah Kristen Dan Pendidikan Agama Kristen Dalam Persiapan Menghadapi Era Society 5.0.” Regula Fidei 6, no. 2 (2021): 97–108.
Gulo, Rezeki Putra, and Tony Salurante. “Revitalisasi Pendidikan Kristen Di Anticipating Era: Studi Eksposisi Efesus 5:15-16.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 145–157.
Gulo, Rezeki Putra, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Reforming Christian Religious Education: Integrating Spirituality and Critical Reasoning in the Digital Era.” Didaché: Journal of Christian Education 5, no. 2 (2024): 105–123.
Gulo, Ya’aman, Talizaro Tafonao, and Rita Evimalinda. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2021): 62–74.
Harjono, Hary Soedarto, ed. Jembatan Ilmu : AI Dalam Konteks Akademis Untuk Masa Depan Pendidikan. Bengkulu: CV Brimedia Global, 2024.
Harmadi, Mariani, and Agung Jatmiko. “Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.” PASCA 16, no. 1 (2020): 62–74.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 (2019): 18–30.
Jutela, and Yonatan Alex Arifianto. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Literasi Digital.” Apostolos 2, no. 1 (2022): 31–40.
Kharisma, Lalu Puji Indra, Kelvin Kelvin, and Sunny Arief Sudiro. Internet of Things: Pengenalan Dan Penerapan Teknologi IoT. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Manang, Erson Umbu Ndula, Selfiana Bria, and Yohanes Nessi. “Menyongsong Inovasi: Peningkatan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa.” EULOGIA 4, no. 1 (2024): 183–196.
Nababan, Doni Abadi, Joice Patty, Stephany Brigitha Sopacua, and Desi Sianipar. “Strategi Manajemen Kelas Pendidikan Agama Kristen Yang Kolaboratif Dan Berbasis Literasi Digital.” Jurnal Shanan 8, no. 1 (2024): 85–104.
Pandie, Remegises Danial Yohanis. “Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5995–6002.
Pujiono, Andrias. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” Jurnal Skenoo 1, no. 2 (2021): 78–89.
Purba, Sudiarjo. “Literasi Digital: Sebuah Upaya Pelaku Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Integritas Remaja Gereja.” Jurnal Shanan 6, no. 2 (2022): 183–200.
Rahmelia, Silvia, and Chris Apandie. “Civic Virtue Dalam Pendidikan Kristen Guna Memperkuat Etika Digital Di Era 4.0.” Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 4, no. 1 (2023): 69–86.
Raihan, Siti, and Salsabilla Nurzalkinah. “Tantangan Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Di Era.” Nubin Smart Journal 4, no. 1 (2024): 1–9.
Rangga, Oktavianus, Dyulius Thomas Bilo, and Dewi Yuliana. “Pnggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen : Memperbaharui Pikiran Untuk Meningkatkan Spiritualitas Di Roma 12 : 2.” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 127–140.
Rangga, Oktavianus, Dewi Yuliana, and Anastacia Jennifer Alexandrina Mailoor. “Unearthing Biblical Wisdom for Active Learning : An Interactive Model of Christian Education in the Age of Digital Technology.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2024): 147–159.
Ruskandi, Kanda, Erik Yuda Pratama, and Dina Jatnika Nurmala Asri. Transformasi Arah Tujuan Pendidikan Di Era Society 5.0. Sumedang: CV. Caraka Khatulistiwa, 2021.
Saputro, Anon Dwi, Sumardi Sumardi, and Maria Patricia Tjasmadi. “Eksaminasi Fondasi Pendidikan Agama Kristen Dalam Ulangan 30:11-20: Perspektif Keputusan Hidup Menurut Ajaran Ilahi Di Era Society 5.0.” Jurnal Edulead 5, no. 1 (2024): 36–49.
Sudarmanto, Eko, Siska Mayratih, and Andri Kurniawan. Model Pembelajaran Era Society 5.0. Kesambi: Penerbit Insania, 2021.
Suhardi, Afrizal, Aditya Ahmad Fauzi, Fithriawan Nugroho, Rahmad Firdaus, and Mat Amin. Kewirausahaan Di Era Society 5.0. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2023.
Sutiawan, Irwan, and Lora Hamdarida. Peranan Guru Dalam Pendidikan Karakter Era Society 5.0. Jakarta: Guepedia, 2023.
Tampenawas, Alfons Renaldo, Erna Ngala, and Maria Taliwuna. “Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 214–231.
Tari, Ezra, and Rinto Hasiholan Hutapea. “Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital.” Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi 1, no. 1 (2020): 1–13.
Toding, Toding. “Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran PAK Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VIII Di SMP Kristen Makale.” Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, 2021.
Uriptiningsih, Ana Lestari, ed. Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0. Yogyakarta: CV Lumida Media, 2023.
Waruwu, Elfin Warnius, and Mozes Lawalata. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Kesadaran Spiritual Bagi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era 5.0.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 4, no. 2 (2023): 144–155.
Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elly Heluka, Nelci Mbelanggedo (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.