PERAN KISAH ALKITAB DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD PENUSA: FONDASI SPIRITUAL BAGI PENDIDIKAN MORAL
DOI:
https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i2.12Keywords:
Kisah Alkitab, Anak Usia Dini, PAUD PENUSA, KarakterAbstract
Alkitab memiliki peranan yang sangat penting bagi anak usia dini, karena di dalamnya terkandung firman Allah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana peran pengajaran kebenaran firman Tuhan dalam karakteristik anak usia dini dan menyelidiki bagaimana integrasi nilai-nilai kristiani dalam karakter anak dan menganalisis kontribusi kolaborasi antara guru dan orang tua dalam proses tersebut. Akar masalahnya terletak pada kurangnya pondasi nilai-nilai firman Tuhan sejak usia dini, dengan demikian dalam konteks teologi Kristen, perkembangan intelektual spiritual mesti berakar pada pemahaman Alkitab yang mendalam. Guna menghasilkan temuan penelitian yang mendalam dan akurat, maka riset ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dipakai untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana peran kisah Alkitab dalam pembentukan karakteristik anak usia dini di PAUD PENUSA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kisah Alkitab sangat berperan penting dalam pembentukan karakter anak usia dini di PAUD PENUSA.
Downloads
References
Amir, Mirna. Rahasia Mengajar Dengan Krektif, Inspiratif, Dan Cerdas. Jakarta: Logoka Galileo, 2019.
Anastasia, Putri. “Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Melalui Strategi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Penggerak 6, no. 1 (2024): 104–132.
Aziz, Hamka Abdul. Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati. Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2011.
Bone, Agustinus Arruan, Noria Agata, Roland Padang, and Damaris Lisu. “PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS NARASI : Membangun Karakter Melalui Cerita Alkitab Nehemia 1-6.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal ( JIPKL ) 4, no. 5 (2024): 391–404.
Budiardjo, Tri. Sorotan Alkitab Tentang Anak. Jakarta: Yayasan Obor Mitra, 2000.
Bungin, Ester, and Ice Pagirik. “Metode Pengajaran Kreaktif Berbasis Kristen Untuk Anak Usia Dini.” jurnal ilmu pendidikan 2, no. 9 (2024): 1661–1671.
Butar-Butar, Herson T. M., Stenly R. Paparang, and Yosia Belo, eds. Aku Klik Maka Aku Menginjil : Apa Dan Bagaimana Misiologi Digital? Jakarta: Penerbit Views, 2023.
Dolok Bend Franki Pane, Stimson Hutagalung, Exson Eduaman Pane, and Janes Sinaga. “Leadership Education: Leaders of Achievement and Character in the Bible and the Secular World.” Jurnal Multidisiplin Madani 3, no. 2 (2023): 343–352.
Edison, Thomas. Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani Menabur Norma Menuai Nilai. jawa barat: Kalam Hidup, 2018.
Gulo, Rezeki Putra, and Tony Salurante. “Revitalisasi Pendidikan Kristen Di Anticipating Era: Studi Eksposisi Efesus 5:15-16.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 145–157.
Harefa, Agus Mawarni. “Eksistensi Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Digital Quotient Kepada Anak.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat 1, no. 2 (2023): 60–70.
Heluka, Elly, and Nelci Mbelanggedo. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0: Mengembangkan Literasi Digital Berbasis Nilai-Nilai Kristiani Bagi Peserta Didik.” Imitatio Christo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 76–92.
Hurlock, Elisabeth.B. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1980.
Jacobsen, margaret bailey. Ketika Anak Anda Bertumbuh. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1997.
Karim, Maisarah A.W.A, Rosalinda Lasuku, Sastri Sinde, Wa Ode Mardiyanti, and Fiola Indah Putri Pratama. “Analisis Perkembangan Spiritual Anak Usia Dini Kelas A Di TK Pembina Agropolitan.” Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 4 (2024): 343–353.
Khotimah, Sita Husnul, Titin Sunaryati, and Sri Suhartini. “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2021): 676–685.
Lasfeto, Aser, Delaya Saron Hariadi, Etminor Riwu, and Gabriela Eldad. “Superbook: Cerita Firman Tuhan Kreaktif Bagi Anak Sekolah Minggu.” jurnal pendidikan agama kristen 12, no. 2 (2021): 132–145.
Mariyana, Rita, and Ocih Setiasih. “Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak.” Pedagogia 15, no. 3 (2018): 241.
Mau, Marthen, Saenom Saenom, and Ferdiana Fransiska. “Peranan Membaca Alkitab Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kristen.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 2, no. 1 (2021): 91–107.
Misahapsari, Clara Raflesiane, and Kalis Stevanus. “Penanaman Karakter Toleran Di Dalam Keluarga Kristen Pada Anak Sejak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 2 (2023): 1479–1489.
Pearlman, Myer. Penyelidikan Anak. Malang: Gandum Mas, 1940.
Rahangmetan, Urbanus, Grace N. Birahim, Hasia Mamonto, and Seltina Dampi. “Kolaborasi Peran Orang Tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penguatan Karakter Kristiani Pada Siswa Di SMP Kristen Dumoga.” Tumou Tou 11, no. 1 (2024): 48–55.
Salassa, Alin, Risna Rombe, and Jenri Fani Parinding. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1, no. 6 (2023): 541–554.
Salu, Syani Bombongan Rante. “Implementasi Metode Pengajaran Berdasarkan Ulangan 6:4-9 Bagi Perkembangan Spiritualitas Anak Usia Dini.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 2 (2022): 107–123.
Santika, Tika. “Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Judika(Jurnal Pendidikan Unsika) 6, no. 2 (2018): 77–85.
Sinambela, Juita Lusiana, Janes Sinaga, Stepanus Pelawi, and Max Lucky Tineti. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Menggunakan Metode Bercerita Berdasarkan Ulangan 6:7.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 129–142.
Sinambela, Juita, Janes Sinaga, Bernard Maruli Hutabarat, Ramlen Woran, and Daniel Siswanto. “Teladan Moral Dalam Alkitab: Pendidikan Karakter Dari Kehidupan Tokoh Alkitab.” Global Education Journal 1, no. 3 (2023): 321–334.
Sisi. “Edukasi Tentang Pentingnya Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia 5-13 Tahun Di Desa Janjang.” Jurnal PkM Setiadharma 4, no. 2 (2023): 138–147.
Siswoyo, Hadi. “Sekolah Minggu Sebagai Sarana Dalam Membentuk Iman.” Sanctum Domine: Jurnal teologi 7, no. 1 (2018): 121–134.
Stevanus, Kalis. “Kepribadian Ayub.” Sophia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 95–108.
Waruwu, Martina, and Firman Panjaitan. “Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini : Kajian Kitab Ulangan 6 : 7.” Manthano: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2023): 31–41.
Wijaya, Hengki. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Wright, Norman. Menjadi Orang Tua Yang Bijak Sana. Yogyakarta: Yayasan Andi, 1996.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melly Sampe Limbong, Detsi Maria Derinta (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.