SPIRITUALITAS DALAM KURIKULUM UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG MEMUPUK IMAN DAN PENGETAHUAN

Authors

  • Mince Mewet STAK Arastamar Grimenawa Jayapura, Indonesia Author
  • Oktavianus Rangga STAK Arastamar Grimenawa Jayapura, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i1.8

Keywords:

Spiritual, Kurikulum, Lingkungan Belajar, Iman, Pengetahuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model integrasi spiritualitas dalam kurikulum guna menciptakan lingkungan belajar yang memupuk iman dan pengetahuan secara seimbang. Masalah utama yang diangkat adalah kurangnya pendekatan sistematis dalam mengintegrasikan dimensi spiritual ke dalam pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis teori dan praktik integrasi spiritualitas dalam kurikulum. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengembangan framework komprehensif yang memungkinkan implementasi spiritualitas secara holistik di berbagai tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berbasis spiritualitas berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan psikologis, keterampilan berpikir kritis, dan penguatan karakter peserta didik. Studi ini merekomendasikan strategi adaptif dalam penerapan kurikulum berbasis spiritualitas, termasuk pelibatan komunitas, penguatan peran guru, serta pemanfaatan teknologi untuk mendukung refleksi dan pembelajaran berbasis iman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

An, Ariane Díaz-Iso, Almudena Eizaguirre, and Ana García-Olalla. “Extracurricular Activities in Higher Education and the Promotion of Reflective Learning for Sustainability.” Sustainability 11, no. 17 (2019).

Aprilyada, Gea, Muhammad Akbar Zidan, Nurlia Nurlia, Nurlia Nurlia, Risna Adypon Ainunisa, and Widi Winarti Widi. “Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1, no. 2 (2023): 165–173.

Arianti. “Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif.” Didaktika Jurnal Kependidikan, Jurusan Tarbiyah STAIN Watampone 11, no. 1 (2017): 41–51.

Bengu, Renny Tade. “Analisis Problema Belajar Siswa Sekolah Umum Dalam Perspektif Pendidikan Agama Kristen Berdasarkan Perjanjian Lama Di Era Digital.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 5, no. 1 (2023): 166–183.

Boiliu, Esti Regina, Joksan Simanjuntak, Eirene Mary, Victoria Henderina Bathun, and Demsy Jura. “Penguatan Pemahaman Teologi Dalam Pendidikan Agama Kristen Melalui Inovasi Kultural Untuk Pembentukan Karakter Generasi Digita.” Jurnal Shanan 8, no. 2 (2024): 105–126.

Boiliu, Fredik Melkias, Sara Yemima Purba, and Agustus Laia. “Transformasi Kerohanian Siswa Di Era Digital: Pendekatan Baru Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Agama Dan Filsafat 1, no. 1 (2024): 94–110.

Castillo, Fides A. del, and P. J. Sarmiento. “A Systematic Review on Spiritual Modeling: Opportunities and Challenges in Religious Education.” International Journal of Christianity & Education 26, no. 1 (2021): 6–17.

Fahlevi, Reza, Diah Widiawati Retnoningtias, Syatria Adymas Pranajaya, Sri Wahyuning Astuti, Izura Rochma, I Rai Hardika, and Hifizah Nur. Psikologi Terapa. Get Press Indonesia, 2024.

Farozi, Mohamad. “Rancang Bangun Website Gamifikasi Sebagai Strategi Pembelajaran Dan Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa Studi Kasus : AMIK Lembah Dempo Pagar Alam.” Semnasteknomedia Online 4, no. 1 (2016): 427–4212.

Fraser, Deborah. “State Education, Spirituality, and Culture: Teachers’ Personal and Professional Stories of Negotiating the Nexus.” International Journal of Children’s Spirituality 12, no. 3 (2007): 289–305.

FX.Sugiyana, Andarweni Astuti, Hartutik Hartutik, and Nerita Setiyaningtiyas. “Penguatan Kompetensi Guru Agama Katolik SD-SMP-SMA Se-Paroki Kudus Dan Jepara Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global 3, no. 1 (2024): 190–200.

Gandaputra, Edwin Yen. “Pengantar Studi Fenomenologis Dalam Penelitian Teologis.” Te Deum (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 8, no. 1 (2018): 1–16.

Giban, Aten, and Oktavianus Rangga. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Konteks Keberagaman: Perspektif Efesus 4:1-3 Tentang Kesatuan Dalam Kristus.” Imitatio Christo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 01–15.

Hakim, Abd. “Model Perencanaan Pembelajaran Pai Yang Berorientasi Pada Pengembangan Spiritualitas Dan Akhlak Siswa.” Khatulistiwa: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2024): 1–15.

Halawa, Jonius, Ayunike Waoma, and Mozes Lawalata. “Peran Filsafat Pendidikan Kristen Dalam Meningkatkan Pemahaman Iman Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral (Lumen) 3, no. 1 (2024): 99. https://doi.org/10.55606/lumen.v3i1.323.

Kamaruddin, M. M., and Marwan. Manajemen Pendidikan Sekolah: Perspektif Konsep, Aturan Dan Fakta. Sumatra Utara: Merdeka Kreasi Group, 2024.

Kause, Munatar, and Rut Opyana Tutuban. “Meningkatkan Karakter Dan Moral Naradidik Di Era Postruth: Peran Strategis Gereja Dalam Mendukung Pendidikan Kristiani.” RHEMA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 9, no. 2 (2024): 90–98.

Kusumawardhani, Trisnawati, Ismail Ismail, Radiatan Mardiah, Maman Hariana, Indra Gunawan, and Melda Agnes Manuhutu. “Strategi Meningkatkan Pemahaman Dan Sensitivitas Budaya Dalam Menyambut Tantangan Kurikulum Merdeka.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 2 (2024): 942–949.

Mua, Marianus Muharli. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Katolik Di Era Disrupsi.” Stipas Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya 2, no. 1 (2024): 143–157.

Mudarris, Badrul. “Strategi Efektif Dalam Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif.” At-Tahsin: Jurnal Manajemen Pendidikan 4, no. 2 (2024): 69–81.

Nanariain, Tahith Aldrich, and Milton T. Pardosi. “Peran Konseling Pendeta Dalam Bimbingan Rohani Dan Kebiasaan Positif Bagi Pemuda Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 4, no. 1 (2024): 39–53.

Pradhan, R. K., Kailash Jandu, Jayalaxmi Samal, and Janaki Ballav Patnaik. “Does Practicing Spirituality at Workplace Make Teachers More Engaged? Examining the Role of Emotional Intelligence.” International Journal of Ethics and Systems 39, no. 4 (2022): 859–874.

Rangga, Oktavianus. “Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Pengalaman: Membangun Iman Melalui Narasi Hidup.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 81–99.

Sahroni, Sahroni, Fathul Anwar, Nur Huda Sari, and Titin Martini. “Membangun Karakter Dan Spiritual Gen Z Di Lingkungan Pendidikan Perspektif Ruhiologi Quotient.” Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 14, no. 1 (2024): 68–80.

Salu, Syani Bombongan Rante. “Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai Dan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 2 (2020): 214–229.

Samaloisa, Hendra Agung Saputrsa, and Hasahatan Hutahaean. “Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter, Spiritual, Moralitas Dan Rohani Peserta Didik.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 1, no. 2 (2023): 162–178.

Septiani, Astrid Nur, Desti Pratiwi, and Rossy Rossy. “Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar.” MASALIQ 3, no. 5 (2023): 824–832.

Setyorini, Dyah Tri, and Bakti Fatwa Anbiya. “Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran Fikih.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 14, no. 1 (2025): 95–110.

Soetopo, H., and Soemanto W. Manajemen Pendidikan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Sompotan, Dale Dompas, and Stimson Bernard Hutagalung. “Kehadiran Dalam Ibadah: Kajian Terhadap Doa Pribadi Dan Baca Alkitab Generasi Milenial Dan Gen Z Berdasarkan Ibrani 10: 25.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 4, no. 1 (2024): 22–34.

Song, Dongmei. “Moving toward a Spiritual Pedagogy in L2 Education: Research, Practice, and Applications.” Frontiers in Psychology 13, no. 1 (2022).

Spurgeon, Jessica, and Lauren Thompson. “Rooted in Resilience : A Framework for the Integration of Well-Being in Teacher Education Programs.” Master’s Dissertation (2018): 1–65.

Susanto, Iskandar Dedi, Sulthan Thaha, Saifuddin Jambi1, and Iskandar Method. “Managing Academic Stress With a Prayer Approach from a Prayer Perspective.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 1, no. 2 (2023): 91–104.

Tampubolona, Damey Ria, and Dorlan Naibaho. “Kontruksi Etika Profesional:Paradigma Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini.” TRUST PENTAKOSTA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2024): 1–9.

Winei, Agnes Angi Dian, Ekowati Ekowati, Asep Setiawan, Jenuri Jenuri, Pius Weraman, and Rosa Zulfikhar. “Dampak Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Dan Kesehatan Mental Siswa.” Journal on Education 6, no. 1 (2023): 317–327.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Mewet, M., & Rangga, O. (2025). SPIRITUALITAS DALAM KURIKULUM UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG MEMUPUK IMAN DAN PENGETAHUAN. Imitatio Christo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 111-129. https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i1.8

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.