TRANSFORMASI STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI METODE HEURISTIK BAGI GENERASI Z

Authors

  • Yanuar Ada Zega Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta Author
  • Widya Septiana Zebua Sekolah Tinggi Teologi Lintas Budaya Author

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Guru PAK, Metode Heuristik, Generasi Z

Abstract

Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di era modern kurang optimal memenuhi kebutuhan unik Generasi Z, yang ditandai oleh pola pikir kritis, keterikatan erat pada teknologi, dan kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang relevan serta kontekstual. Strategi pembelajaran konvensional cenderung bersifat pasif, sehingga tidak efektif dalam mendorong pemahaman iman secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi strategi guru PAK melalui metode heuristik dalam menghadapi tantangan pembelajaran bagi Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, menganalisis literatur akademik dan hasil penelitian terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode heuristik, yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam eksplorasi masalah dan refleksi nilai, mampu meningkatkan pemahaman mereka terhadap iman Kristen. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi metode heuristik dengan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan relevan. Substansi pemikiran yang ditawarkan adalah transformasi strategi pembelajaran yang berbasis pada eksplorasi, pemecahan masalah, dan refleksi kritis mampu menghadapi tantangan situasi pembelajaran PAK bagi Generasi Z.

References

Adnyana, Ketut Suar. “Penilaian Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka.” Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni 11, no. 2 (May 25, 2023): 343–359.

Andrianti, Sarah. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 232–249.

Cheng-yu, Que. “Heuristic Method of Teaching.” Journal of Anshan Normal University (2010). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:62909375.

Creswell, John W. Research Design; Pendekatan Metode Kualtitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Pustaka Pelajar, 2016.

Daeli, Theresia, Anugerah Tatema, Harefa, Adrianus, and Bawamenewi. “Strategi Heuristik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Di Kelas VIII SMP Tahun Pelajaran 2023/2024.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 7 (2024): 3241–3247.

Evimalinda, Rita, Ester Lina Situmorang, Rikardo Dayanto Butarbutar, Agiana Her Visnhu Ditakristi, and Josanti. “The Role of Christian Religious Education Teachers in Building Student’s 6C Skills in The Era 4.0,” 2022. https://www.atlantis-press.com/article/125975622.

Groome, Thomas. “Catholic Education: From and for Faith.” International Studies in Catholic Education 6, no. 2 (July 3, 2014): 113–127. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/19422539.2014.929802.

Gulo, Rezeki Putra. “Peran Generasi Z Dalam Mengekspansi Misiologi Di Era Society 5.0.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen (2023). https://ejurnal.bangunharapanbangsa.com/index.php/PAK/article/view/210.

Gulo, Rezeki Putra, and Tony Salurante. “Revitalisasi Pendidikan Kristen Di Anticipating Era : Studi Eksposisi Efesus 5 : 15-16” 0642, no. December (2023): 145–157.

Hendrawan, Ari Yunus, Maria Lidya Wenas, and Gunawan Gunawan. “Integration of Christ’s Love in Family Discipleship to Overcome Fear of Missing Out (FOMO) in Generation Z.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 7, no. 2 (July 12, 2023): 101.

Karlau, Sensius Amon, Ivo Sastri Rukua, and Jeffrit Kalprianus Ismail. “Pendidikan Agama Kristen Berpola Pedagogik Transformatif Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menurut Matius 11:28-30.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 2 (December 1, 2022): 124.

Kia, A Dan. “The Use of Heuristic Reasoning in Christian Education.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 2 (2023): 1571–1580.

Lorenzo, Mercedes. “The Development, Implementation, and Evaluation of a Problem Solving Heuristic.” International Journal of Science and Mathematics Education 3, no. 1 (March 2005): 33–58.

Masinambow, Yornan. “Dekonstruksi Pendidikan Agama Kristen Bagi Generasi Z.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022).

Menconi, Peter. The Intergenerational Church: Understanding Congregations. CreateSpace Independent Publishing Platform, 2010.

Mytra, Prima, Wardawaty Wardawaty, Akmal Akmal, Kusnadi Kusnadi, and Rahmatullah Rahmatullah. “Society 5.0 in Education: Higher Order Thinking Skills.” In Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Sciences, BIS-HSS 2020, 18 November 2020, Magelang, Central Java, Indonesia. EAI, 2021.

Nevine Sultan. “Philosophical and Theoretical Foundations of Heuristic Inquiry.” In Heuristic Inquiry: Researching Human Experience Holistically, edited by Nevine Sultan, 41–77. 2455 Teller Road, Thousand Oaks California 91320: SAGE Publications, Inc., 2019.

OECD. Transforming Education in Indonesia. Vol. 88. OECD Education Policy Perspectives, January 15, 2024.

Ozdem-Yilmaz, Yasemin, and Kader Bilican. “Discovery Learning—Jerome Bruner,” 2020.

Pasinggi, Ramanta Deal. “Tinjauan Teologis Mengenai Pemuridan Terhadap Pemuda Generasi Z Era Digital Di Gereja Toraja.” In Theos : Jurnal Pendidikan dan Theologi 3, no. 3 (March 31, 2023): 85–97. https://journal.actual-insight.com/index.php/intheos/article/view/1779.

Purba, Nursenta Dahliana, and Probo Retno. “The Role of Parents in Christian Religious Education in the Family towards Shaping the Character of Generation Z Children in Facing the Industry 5.0 Era.” Journal Didaskalia 6, no. 1 (April 19, 2023): 11–22. https://jurnal.sttii-surabaya.ac.id/index.php/didaskalia/article/view/297.

Sianipar, Gabriel. “Implementasi Mengembangkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2023): 75–91.

Simanjuntak, J. Ilmu Belajar Dan Didaktika Pendidikan Kristen. PBMR ANDI, 2021. https://books.google.co.id/books?id=iIU5EAAAQBAJ.

Situmorang, Jonar T. H. Etika Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Penerbit Andi, 2024. https://books.google.co.id/books?id=gnr1EAAAQBAJ.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43.

Tessy, Melda, Ester Padama, Kessy Karolina Uluk, Libertini Bitara, and Virginia Michella Bano. “Generasi Z Sebagai Kaum Muda Gereja Dan Kedewasaan Rohani.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (December 31, 2023): 145. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/866.

Thomas H. Groome. Christian Religious Education Pendidikan Agama Kristen Berbagai Cerita Dan Visi Kita. jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Triadi, Slamet. “Building the Ideal Christian Family in Generation Z.” International Journal of Social Science And Human Research 05, no. 06 (June 24, 2022). https://ijsshr.in/v5i6/85.php.

Tsankov, Nikolay. “Problem-Situation Training of Future Teachers for Heuristic Information Transformations in Thinking.” World Journal on Educational Technology: Current Issues 14, no. 5 (September 30, 2022): 1529–1537. https://un-pub.eu/ojs/index.php/wjet/article/view/6892.

Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi Dan Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tantangan Filsafat Dunia. Yogyakarta: ANDI, 2013.

White, James Emery. Meet Generation Z: Understanding and Reaching the New Post-Christian World. Baker Publishing Group, 2017.

Wijayanti, Sri. “Indonesian Students’ Reading Literacy.” In Proceedings of the International Conference on Research and Academic Community Services (ICRACOS 2019). Paris, France: Atlantis Press, 2020. https://www.atlantis-press.com/article/125931335.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2020).

Zega, Yanuar Ada, and Nehemia Nome. “Sumbangsih Keteledanan Paulus Terhadap Guru Pendidikan Agama Kristen” 1, no. 2 (2023): 112–122.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Zega, Y. A. ., & Zebua, W. S. . (2024). TRANSFORMASI STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI METODE HEURISTIK BAGI GENERASI Z. Imitatio Christo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 60-75. https://jurnal.stakagj.ac.id/index.php/ImitatioChristo/article/view/1