PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KONTEKS KEBERAGAMAN: PERSPEKTIF EFESUS 4:1-3 TENTANG KESATUAN DALAM KRISTUS

Authors

  • Aten Giban STAK Arastamar Grimenawa Jayapura, Papua Author
  • Oktavianus Rangga STAK Arastamar Grimenawa Jayapura, Papua Author

Keywords:

Pendidikan agama Kristen, Efesus 4: 1-3, Kesatuan dalam Kristus, Keberagaman, Pluralisme

Abstract

Penelitian ini mengkaji pendekatan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam konteks keberagaman dengan berlandaskan perspektif Efesus 4:1-3, yang menekankan kesatuan dalam Kristus. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengajaran yang dapat memperkuat nilai kesatuan tanpa mengabaikan penghormatan terhadap keberagaman budaya, agama, dan sosial. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan teologis dan pendidikan. Data diperoleh melalui studi literatur seperti, buku-buku dan Artikel jurnal ilmiah yang berkaitan dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip kesatuan dalam Kristus yang diajarkan dalam Efesus 4:1-3 dapat diimplementasikan melalui pengajaran berbasis dialog, kerjasama lintas budaya, dan pembelajaran partisipatif.  Penelitian ini juga menemukan bahwa pendekatan berbasis pengalaman hidup siswa mampu menciptakan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya kesatuan di tengah keberagaman. Novelty dari penelitian ini terletak pada penerapan prinsip kesatuan dalam Kristus sebagai landasan teologis untuk pendidikan multikultural dalam PAK, yang relevan dengan konteks sosial Indonesia yang majemuk. Penelitian ini menawarkan model pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada iman, tetapi juga membangun harmoni sosial di tengah pluralitas.

References

Andika, Guntur, Alan Roh, Kata Kunci, Kesatuan Roh, and Kehidupan Orang Kristen. “Makna Kesatuan Roh Berdasarkan Efesus 4 : 3-6 Dan Implikasinya Dalam Kehidupan Orang Kristen Masa Kini Abstract : The Different Backgrounds of the Congregation Pose Challenges in the Process of Faith Growth . In the Fellowship of Fellow Congregations , Wh” 4, no. 2 (2022): 229.

Arfa, Arman Man, and Mohammad Amin Lasaiba. “Pendidikan Multikultural Dan Implementasinya Di Dunia Pendidikan.” Geoforum 1, no. 2 (2022): 36–49.

Bayu Prakoso, Christian, Yonatan Alex Arifianto, and Aji Suseno. “LGBT Dalam Perspektif Alkitab Sebagai Landasan Membentuk Paradigma Etika Kristen Terhadap Pergaulan Orang Percaya.” Jurnal Teologi (JUTEOLOG) 1, no. 1 (2020): 1–14.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 4th Ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2014.

Ekmann, A. Myhr and L. “Addressing Inequality: A School-Based Intervention to Improve Pupils’ Well-Being and Social Inclusion.” The European Journal of Public Health 33 (2023).

Fadilah, Rabi’ah, Wahab Syakhirul Alim, Ainu Zumrudiana, Iin Widya Lestari, Achmad Baidawi, Alinea Dwi Elisanti. Pendidikan Karakter. Jawa Timur: AGRAPANA MEDIA, 2021.

Gulo, Rezeki Putra, Erwin Zai, and Agusmawarni Harefa. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk: Mencerminkan Hidup Humanis Di Tengah-Tengah Pluralisme.” ELEOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2023): 81–90.

Henry, Matthew. Tafasiran Matthew Hanry: Surat Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1 & 2 Tesalonika, 1 & 2 Timotius, Titus, Filemon. Surabaya: Momentum, 2015.

Istianah, Anif, Bunyamin Maftuh, and Elly Malihah. “Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Education and Development 11, no. 3 (2023): 333–342.

Izzati, Firda Aulia. “Pentingnya Sikap Toleransi Dan Empati Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik (Good Citizenship) Di Masa Pandemi.” Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan 2, no. 2 (2021): 85.

Kasminton Situmorang, Ardianto Lahagu, and Benteng Martua Mahuraja Purba. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” REAL DIDACHE: Jurnal Teologi Pendidilkan Agama Kristen 7, no. 2 (2022): 519–542.

Kaunang, Rolina Anggereany Ester, and Talizaro Tafonao. “Diskursus Keberagaman Agama Dan Implikasinya Dalam Praksis Pendidikan Agama Kristen.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 7, no. 2 (2023): 915–928.

Khairunida, Daan Dini, Fritz Hotman Syahmahita Damanik, Muchlis Daroini, Qoidul Khoir, and Nur Laily Fauziyah. “Pendidikan Multikultural Di Kelas Global: Strategi Pengajaran Responsif Budaya.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) 3, no. 2 (2023): 1857–1863.

Kini, Tafsiran Alkiktab Masa. Tafsiran Alkitab Masa Kini (Matius - Wahyu), Jilid 3. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2012.

Kusniasari, Ruswandi Hermawan and Sofiani. “Developing Strong Moral Values: Integrating Value and Character Education in Educational Context.” International Journal of Research and Scientific Innovation (2023).

Lahagu, A. “Menyikapi Tantangan Dan Harapan Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Yang Majemuk.” Researchgate.Net, no. July (2020).

Meilani, Meilani, Mariajina Soares, and Andreas Fernando. “Pendidikan Kristiani Menangkal Budaya Pergaulan Bebas: Sebuah Pendekatan Sosio-Teologis.” DIDAKTIKOS Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2022): 80–89.

Messakh, Jefrit Johanis, Esti Regina Boiliu, Djoys Anneke Rantung, and Lamhot Naibaho. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Moderasi Beragama Di Era 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 5 (2023): 2160–2172.

Muhammad Fauzinudin Faiz. “Moderasi Beragama: Pilar Kebangsaan Dan Keberagaman.” Kementrian Agama Republik Indonesia. Last modified 2023. https://kemenag.go.id/kolom/moderasi-beragama-pilar-kebangsaan-dan-keberagaman-MVUb9.

Purwanto, Hary. “Pendidikan Kristen Dalam Pendidikan Nasional: Peran Dan Tantangannya.” Proceeding National Conference of Christian Education and Theology 2, no. 1 (2024): 10–17.

Rambitan, Stanley R. “Pluralitas Agama Dalam Pandangan Kristen Dan Implikasinya Bagi Pengajaran Pak.” Jurnal Shanan 1, no. 1 (2017): 93–108.

Ritonga, Nova. “Teologi Sebagai Landasan Bagi Gereja Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 21–40.

Rumahuru, Yance Z, and Johana S Talupun. “Pendidikan Agama Inklusif Sebagai Pondasi Moderasi Beragama.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 7, no. 2 (2021): 453–462.

Rusdianti. “Peran Guru Penggerak Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09, no. 01 (2024): 755–768.

Simanjuntak, M Marihot, and Lestania Irawanni Saragih. “Membangun Persekutuan Jemaat Seturut Efesus 4 : 1-16 Di Stasi Santo Petrus Pematang Purba Saribudolog” 6, no. 1 (2024): 57–63.

Tanashur, Panji, Bidari Andaru Widhi, Titik Ceriyani Miswaty, Rosidah Alawiyah, and Helna Wardhana. “Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan: Peran Proyek Pengabdian Masyarakat Dalam Menciptakan Kesempatan Yang Adil.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IPTEKS 1, no. 1 (2023): 25–32. https://journal.rajawalimediautama.id/index.php/jppmi/article/view/28.

Tanuwidjaja, Sundoro, and Samuel Udau. “Iman Kristen Dan Kebudayaan.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 1, no. 1 (2020): 1.

Tatang, Josep, and Victor Deak. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Memelihara Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Di Indonesia.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 5 (2022): 1185–1196.

Wahyuni, Indah Suciati and Idrus Idrus and Hajerina Hajerina and Nasim Taha and D. “Character and Moral Education Based Learning in Students’ Character Development.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) (2023).

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Giban, A., & Rangga, O. (2024). PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KONTEKS KEBERAGAMAN: PERSPEKTIF EFESUS 4:1-3 TENTANG KESATUAN DALAM KRISTUS. Imitatio Christo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 01-15. https://jurnal.stakagj.ac.id/index.php/ImitatioChristo/article/view/2