MEMBANGUN INTEGRITAS BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK DI TK KRISTEN ‘BAIK’

Authors

  • Marselina Surat Doni STAK Arastamar Grimenawa Jayapura, Indonesia Author
  • Klemens Kelin STAK Arastamar Grimenawa Jayapura, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i2.9

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Integritas, Karakter Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas strategi pembentukan integritas berbasis nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen pada anak usia dini di TK Kristen ‘Baik’. Masalah utama yang dikaji adalah kesenjangan antara idealisme pendidikan karakter yang diharapkan dengan implementasi praktis dalam kehidupan sehari-hari anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan riset pustaka. Pendekatan fenomenologi diterapkan melalui observasi partisipatif dan refleksi pengalaman guru, peserta didik, serta orang tua, sedangkan riset pustaka digunakan untuk mengkaji berbagai teori pendidikan karakter dan nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen. Novelty penelitian ini terletak pada pengembangan model pendidikan karakter yang mengintegrasikan dimensi teologis dan pedagogis secara holistik serta menekankan pengalaman nyata dalam internalisasi nilai-nilai integritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen masih bersifat teoretis dan kurang menyentuh aspek praktik dalam kehidupan anak. Sehingga, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih interaktif, kolaborasi antara sekolah dan keluarga, serta penguatan peran guru sebagai teladan dalam membentuk karakter anak yang berintegritas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belo, Yosia, and Rika S. “Etika Komunikasi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Tengah Kemajuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4, no. 1 (2023): 128–46. https://doi.org/10.46558/bonafide.v4i1.157.

Buan, Yohana Afliani Ludo. Guru Dan Pendidikan Karakter : Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2020.

Diana, Ruat. “Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Di Era Revolusi Industri 4.0.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 27–39.

Gainau, Maryam B. Psikologi Anak. Yogyakarta: PT Kanisius, 2014.

Galih, ed. Memahami Indivindu Melalui Psikologi Perkembangan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2023.

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Di Dalam Alkitab Dan Dunia Masa Kini. Jakarta: ANDI, 2021.

Gulo, Manase. “Prinsip Integritas Berdasarkan Injil Matius 5:17-48 Dan Implementasinya Bagi Pelayan Tuhan Masakini.” Manna Rafflesia 4, no. 1 (1970): 16–36. https://doi.org/10.38091/man_raf.v4i1.79.

Gulo, Rezeki Putra, and Agus Mawarni Harefa. “Urgensi Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mewujudkan Pendidikan Spiritual Efektif Bagi Anak.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 1, no. 3 (2023): 23–34. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i3.151.

Heluka, Elly, and Nelci Mbelanggedo. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0: Mengembangkan Literasi Digital Berbasis Nilai-Nilai Kristiani Bagi Peserta Didik.” Imitatio Christo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 76–92.

Hennink, Monique, ‎Inge Hutter, and ‎Ajay Bailey. Qualitative Research Methods. Los Angeles: SAGE Publications, 2020.

Hulu, Libertina, Delipiter Lase, and Amurisi Ndraha. “Upaya Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca Anak Pada Alkitab.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 14, no. 1 (2021): 18–28.

Laia, Noni Berkat Arianto. “Sosialisasi Pemahaman Kepada Orang Tua Di GKSI El-Shaddai Bojo Tentang Pentingnya Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal PkM Setiadharma 4, no. 2 (2023): 110–118. https://doi.org/10.47457/jps.v4i2.379.

Marita, Peggy Lucia. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 7, no. 1 (2023): 159–74. https://doi.org/10.33541/shanan.v7i1.4665.

Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 145–61. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.60.

Messelina Diana, and Hardi Budiyana. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” Lentera Nusantara 3, no. 2 (2022): 198–214. https://doi.org/10.59177/jls.v3i2.302.

Nainggolan, Tio Nursarida. “Pendidikan Kristiani Sebagai Core Value Dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi Z.” Jurnal Teruna Bhakti 6, no. 2 (2024): 154–64. https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.200.

Pakpahan, Gernaida, and Frans Pantan. “Konstruksi Teologis Integritas Kristen Di Era Masyarakat 5.0.” Jurnal Teologi Gracia Deo 5, no. 1 (2022): 1–9. https://doi.org/10.46929/graciadeo.v5i1.142.

Paley, John. Phenomenology as Qualitative Research: A Critical Analysis of Meaning Attribution. New York: Routledge, 2017.

Safari, Musnizar. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Riau: CV. DOTPLUS Publisher, 2020.

Sairin, Weinata. Identitas Dan Ciri Khas Pendidikan Kristen Di Indonesia Antara Konseptual Dan Operasional. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.

Samosir, Christina Metallica, and Fredik Melkias Boiliu. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 2592–2600.

Shofi, Ibnus, ed. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: PT Pena Cendekia Pustaka, 2024.

Sianipar, Desi, ed. Inovasi Pendidikan Agama Kristen Di Era Artificial Intelligence. Bandung: CV Widina Media Utama, 2024.

Sidjabat, BS. Membangun Pribadi Unggul, Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter. Yogyakarta: ANDI, 2024.

Simanjuntak, Erwin Sudarmono, Josep Tatang, Desi Sianipar, Sozanolo Telaumbanua, and Esti Regina Boiliu. “Strategi Penguatan Integritas Akademik Dalam Pendidikan Kristen Di Era Digital.” Jurnal Shanan 7, no. 2 (2023): 283–300. https://doi.org/10.33541/shanan.v7i2.5315.

Simanjuntak, Junihot M. Desain Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2023.

Simatupang, Hasudunga, ed. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2020.

Sinambela, Juita Lusiana, Janes Sinaga, Stepanus Pelawi, and Max Lucky Tineti. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Menggunakan Metode Bercerita Berdasarkan Ulangan 6:7.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 129–42. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i2.76.

Sit, Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana, 2017.

Solida Situmorang. “Integritas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen.” Kerusso: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2018): 32–47.

Tuhuteru, Laros, Deiisye Supit, Mulyadi, Ayi Abdurahman, and Mohammad Syahru Assabana. “Urgensi Penguatan Nilai Integritas Dalam Pendidikan Karakter Siswa.” Journal on Education 5, no. 3 (2023): 9768–75. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1795.

Uriptiningsih, Ana Lestari, ed. Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0. Yogyakarta: CV Lumida Media, 2023.

Usmany, Janeman Rudolf, and Vicky Samuel Sutiono. “Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7, no. 1 (2022): 89–105.

Utomo, Bimo Setyo. “Prinsip Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut 1 Timotius 4:16.” Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2023): 54–67. https://doi.org/10.55649/skenoo.v3i1.52.

Wahyuni, Sri. Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2021.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Doni, M. S., & Kelin, K. . (2025). MEMBANGUN INTEGRITAS BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK DI TK KRISTEN ‘BAIK’. Imitatio Christo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 130-144. https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i2.9