STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i2.10Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Siswa, Sekolah Dasar, Manajemen KonflikAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi manajemen konflik berbasis nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen (PAK) di sekolah dasar. Konflik di lingkungan pendidikan merupakan fenomena yang tidak dapat dihindari dan memerlukan pendekatan penanganan yang tepat agar tidak menghambat perkembangan peserta didik. Penelitian bertujuan menganalisis efektivitas strategi manajemen konflik berbasis nilai-nilai PAK dalam membentuk kedewasaan sosial peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik library research melalui kajian sistematis terhadap literatur ilmiah, jurnal akademik, dan sumber-sumber relevan lainnya. Kebaruan penelitian terletak pada pengembangan model pembelajaran PAK yang mengintegrasikan aspek teologis, pedagogis, dan psikologis dalam strategi manajemen konflik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan komprehensif yang menggabungkan metode pembelajaran partisipatif, pemahaman tahap perkembangan emosional anak, serta internalisasi nilai-nilai kristiani seperti kasih, pengampunan, dan perdamaian berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik yang mampu mengelola konflik secara konstruktif. Model pembelajaran transformatif ini tidak hanya menekankan pemahaman teoretis tetapi juga pembentukan keterampilan sosial dan implementasi nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
A., Doni Koesoema. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Aprinata, Azarya, Betris, Restiana, and Defri Triadi. “Penerapan Manajemen Konflik Di SMK Negeri 1 Palangka Raya.” Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonomi 1, no. 5 (2024): 11–21.
Baedowi, Ahmad. Manajemen Sekolah Efektif. Ciputat: Alvabet, 2015.
Connaway, Lynn Silipigni, and Marie L. Radford. Research Methods in Library and Information Science. USA: BLOOMSBURY, 2021.
Derung, Teresia Noiman. “Upaya Pengampunan Keluarga Kristiani Menurut Injil Matius.” In Theos : Jurnal Pendidikan dan Theologi 1, no. 3 (2022): 74–83.
Gading, I Ketut, Kadek Suranata, and Ni Ketut Suarni, eds. Teori Psikologi Konstruktivisme. Bandung: Nilacakra, 2024.
Gainau, Maryam B. Psikologi Anak. Yogyakarta: PT Kanisius, 2014.
GP, Harianto. Teologi PAK: Metode Dan Penerapan Pendidikan Kristen Dalam Alkitab. Jakarta: ANDI, 2017.
Gulo, Reniwati, and Hendi Hendi. “Konsep Belas Kasihan Menurut Injil Matius 18:23-35.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 195–213.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Hidayat, Udin Firman. “Menavigasi Konflik Keluarga : Perspektif Kristen Tentang Manajemen Konflik Dalam Pendidikan.” EDUKRIS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 1–15.
Kia, A Dan. “Kajian Pedagogis Tentang Tanggung Jawab Guru PAK Secara Profesional Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (2019): 77–94.
Magdalena, Ina. Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Suka Bumi: CV Jejak Publisher, 2021.
May. Pengantar Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2024.
Nainggolan, Alon Mandimpu, and Yanice Janis. “Etika Guru PAK Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik.” Jurnal CARAKA 1, no. 2 (2020): 152–163.
Ndruru, Beriaman, and Mozes Lawalata. “Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik.” Jurnal Teologi Cultivation 7, no. 1 (2023): 152–169.
Padakari, Seprianus L., and Frengki Korwa. “Spiritualitas Kontekstual: Model Pendidikan Iman Kristen dalam Menjawab Tantangan Generasi Z.” Imitatio Christo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 16–29.
Panggabean, Syamsu Rizal. Manajemen Konflik Berbasis Sekolah. Tangerang Selatan: PT Pustaka Alvabet, 2015.
Pasaribu, Endang. “Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021): 6049–6054.
Rotty, Viktory N J, Elni J Usoh, Setny Raube, and Siska Saselah. “Implementasi Manajemen Konflik Pada SMA Kristen YPKM Manado.” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 9, no. 2 (2023): 1461–1470.
Rumahlatu, Jerry. “Manajemen Konflik Dan Pendidik Kristen: Sebuah Teori Dan Praksis.” REGULA FIDEI : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 213–232.
Sianipar, Desi, ed. Inovasi Pendidikan Agama Kristen Di Era Artificial Intelligence. Bandung: CV Widina Media Utama, 2024.
Sianturi, Novita, Esther Heydemans, and Max Ruindungan. “Manajemen Konflik Dan Dinamika Sosial : Membangun Kedewasaan Sosial Remaja Melalui Pendidikan Kristiani.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 10, no. 2 (2024): 511–519.
Simanjuntak, Junihot. Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2016.
Simanjuntak, Ramses. “Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 9, no. 1 (2019): 27–35.
Sisi. “Edukasi Tentang Pentingnya Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia 5-13 Tahun Di Desa Janjang.” Jurnal PkM Setiadharma 4, no. 2 (2023): 138–147.
Sit, Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana, 2017.
Topayung, Semuel Linggi. “Menjembatani Kesenjangan Generasi : Pendekatan Efektif Pedagogis Kristiani Di Era Digital.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 592–616.
Wijaya, Hengki. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Yuliana, Dewi, and Rezeki Putra Gulo. “Evolusi Metode Pengajaran Pendidikan Agama Kristen: Menyeimbangkan Tradisi Iman Dan Teknologi Masa Depan.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 6, no. 2 (2024): 167–181.
Zai, Erwin, Yanuar Ada Zega, and Nikarni Zai. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Melalui Family Education.” Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 125–137.
Zega, Yanuar Ada, and Widya Septiana Zebua. “Transformasi Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Heuristik Bagi Generasi Z.” Imitatio Christo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 60–75.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mariana Florida Wally, Gihon Nenabu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.